IMK - Membuat Rancangan Tampilan Sistem Inventaris Barang Pada PT. Jaya Sentosa
Interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Pada pembuatan suatu website salah satu hal yang penting yaitu merancangan tampilan. Pengertian Perancangan Tampilan yaitu salah
satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan yang
menarik. Desainer tampilan selain harus mempunyai jiwa seni yang
memadai, tapi juga harus mengerti selera pengguna secara umum. Hal ini
yang perlu disadari oleh seorang perancang tampilan adalah bahwa ia
harus bisa meyakinkan proframmer, bahwa apa yang ia bayangkan dapat
diwujudkan (diimplementasikan) dengan piranti bantu(tools) yang
tersedia.
Jenis Dokumentasi Rancangan Tampilan
Dokumentasi rancangan dapat dikerjakan atau dilakukan dalam beberapa cara, yaitu:
1. Membuat sketsa pada kertas
2. Menggunakan peranti prototype GUI
3. Menuliskan tekstual yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela yang lain.
4. Menggunakan peranti bantu yang disebut CASE (Computer-Aided Software Engineering).
Kategori program aplikasi dan pendekatan yang dilakukan
1.
Program aplikasi untuk keperluan khusus dengan pengguna yang khusus
pula (special purpose software). Biasanya aplikasi ini diperuntukan
untuk kebutuhan tertentu, seperti inventori gudang, pengolahan data
akademik, reservasi hotel dan lain sebagainya. Untuk aplikasi ini ada dua pendekatan yang dilakukan, yaitu:
a. Pendekatan secara user-centered design
b. Pendekatan user design approach
2. Program aplikasi yang akan digunakan oleh banyak pengguna (general purpose software). Salah satu kunci penting dalam pembuatan modul antarmuka untuk program-program aplikasi
ini adalah dengan melakukan customization, sehingga pengguna dapat
menggunakan program aplikasi dengan wajah antarmuka yang sesuai dengan
selera masing-masing pengguna.
Antarmuka pengguna secara alamiah terbagi menjadi empat komponen :1.Model pengguna.
2.Bahasa perintah.
3.Umpan balik.
4.Penampilan informasi
Urutan Perancangan
Setelah
mengetahui beberapa prinsip dan petunjuk perancangan diatas, maka dalam
merancang antarmuka juga dapat dikerjakan berdasarkan urutan berikut:
1. Pemilihan ragam dialog, pilihlah ragam dialog yang menurut pikiran cocok untuk tugas tersebut.
2.
Perancangan struktur dialog, tahap ini adalam melakukan analisis tugas
dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut untuk membentuk
struktur dialog yang sesuai
3.
Perancangan format pesan, pada tahap ini tata letak tampilan dan
keterangan tekstual secara terinci harus mendapat perhatian lebih
Tugas !!
Buatlah rancangan tampilan dengan judul/tema bebas dengan visio atau aplikasi lain
upload di blog masing-masing dengan mengirimkan link blognya !
Berikut merupakan hasil dari pengerjaan rancangan tampilan menggunakan draw.io dengan judul "Aplikasi Sistem Inventaris Barang Pada PT.Jaya Sentosa". Dari rancangan ini kita mengetahui gambar saat akan membuat program mengenai inverntaris barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar