Senin, 21 Desember 2020


IMK - Membuat Rancangan Tampilan Sistem   Inventaris Barang Pada PT. Jaya Sentosa


Interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Pada pembuatan suatu website salah satu hal yang penting yaitu merancangan tampilan.  Pengertian Perancangan Tampilan yaitu salah satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan yang menarik. Desainer tampilan selain harus mempunyai jiwa seni yang memadai, tapi juga harus mengerti selera pengguna secara umum. Hal ini yang perlu disadari oleh seorang perancang tampilan adalah bahwa ia harus bisa meyakinkan proframmer, bahwa apa yang ia bayangkan dapat diwujudkan (diimplementasikan) dengan piranti bantu(tools) yang tersedia.

Jenis Dokumentasi Rancangan Tampilan
Dokumentasi rancangan dapat dikerjakan  atau dilakukan dalam beberapa cara, yaitu:
1. Membuat sketsa pada kertas
2. Menggunakan peranti prototype GUI
3. Menuliskan tekstual yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela yang lain.
4. Menggunakan peranti bantu yang disebut CASE (Computer-Aided Software Engineering).

Kategori program aplikasi dan pendekatan yang dilakukan
1. Program aplikasi untuk keperluan khusus dengan pengguna yang khusus pula (special purpose software). Biasanya aplikasi ini diperuntukan untuk kebutuhan tertentu, seperti inventori gudang, pengolahan data akademik, reservasi hotel dan lain sebagainya.  Untuk aplikasi ini   ada dua pendekatan yang dilakukan, yaitu:
a. Pendekatan secara user-centered design 
b. Pendekatan user design approach
2. Program aplikasi yang akan digunakan oleh banyak pengguna (general purpose software). Salah satu  kunci penting dalam pembuatan modul antarmuka untuk program-program  aplikasi ini adalah dengan melakukan customization, sehingga pengguna dapat menggunakan program aplikasi dengan wajah antarmuka yang sesuai dengan selera masing-masing pengguna.
Antarmuka pengguna secara alamiah terbagi menjadi empat komponen :
1.Model pengguna.
2.Bahasa perintah.
3.Umpan balik.
4.Penampilan informasi
 
Urutan Perancangan
Setelah mengetahui beberapa prinsip dan petunjuk perancangan diatas, maka dalam merancang antarmuka juga dapat dikerjakan berdasarkan urutan berikut:
1. Pemilihan ragam dialog, pilihlah ragam dialog yang menurut pikiran cocok untuk tugas tersebut.
2. Perancangan struktur dialog, tahap ini adalam melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut untuk membentuk struktur dialog yang sesuai
3. Perancangan format pesan, pada tahap ini tata letak tampilan dan keterangan tekstual secara terinci harus mendapat perhatian lebih

Tugas !!

Buatlah rancangan tampilan dengan judul/tema bebas dengan visio atau aplikasi lain
upload di blog masing-masing dengan mengirimkan link blognya !
 
Berikut merupakan hasil dari pengerjaan rancangan tampilan menggunakan draw.io dengan judul "Aplikasi Sistem Inventaris Barang Pada PT.Jaya Sentosa". Dari rancangan ini kita mengetahui gambar saat akan membuat program mengenai inverntaris barang. 


 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IMK - Membuat Rancangan Tampilan Sistem   Inventaris Barang Pada PT. Jaya Sentosa Interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu ya...